Saat ke Padang enaknya beli Oleh-oleh apa ya?

padang

Padang – Padang terkenal akan Rendang padangnya, makanan olahan daging sapi dengan berbagai macam bumbu dan rempah khas Padang sudah menjadi ikon kota Padang. Selain itu ternyata di Padang ada banyak destinasi wisata yang menarik dan oleh-oleh yang enak untuk dibawa pulang.

Ada apa saja oleh-olehnya? Ayo kita simak lebih dalam

1. Roti Randang

padang2
Roti Randang jika dengan sekilas bisa pikir Rendang, tapi tidak salah jika anda pikir ini roti rendang karena isi roti ini adalah rendang cuma rendagnya dimasak hingga dagingnya tidak terlalu berminyak atau kesat. Jenis isian rendangnya pun bermacam-macam, mulai dari rendang daging sapi, rendang daging ayam, hingga rendang kacang merah.

2. Karak Kaliang

padang5
Karak kaliang merupakan kerupuk yang berwarna kuning dengan bahan dasar ubi kayu yang berbentuk angka delapan. Karena bentuknya tersebut, karak kaliang juga dikenal dengan sebutan kue 88 atau kue angka delapan. Bahan baku dari makanan ini adalah tepung singkong yang kemudian dicetak membentuk angka 8 lalu digoreng. Varian rasa dari karang kaliang ini juga bermacam-macam seperti balado, keju, barbeque, dan rasa lainnya.

3. Keripik Sanjai Balado

padang4
Suka cemilan, jika jalan jalan ke padang cemilan satu ini tidak boleh dilewatkaan yaitu keripik sanjai balado. Rasa khasnya yang pedas, gurih, dan manis membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan. Karena keripik ini terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis memanjang lalu di goreng dan dicampurkan dengan bumbu balado. Kenapa disebut Keripik Sanjai Balado, Sanjai berasal dari nama jalan di Desa Manggis Gantiang Sanjai, tempat asal para pembuat keripik sanjai.

4. Bolu batik

padang1
Batik adalah salah satu ciri khas Indonesia, biasanya pakaian batik, namun bagaimana jika ada bolu batik? eemm rumit ngak ya pembuatannya? Untuk membuat bolu ini dibutuhkan keterampilan ketelitian yang cukup tinggi yang bisa “menggambar” motif batik diatas bolu. Cara pembuatannya terlebih dahulu menggambar motif batik menggunakan krim di loyang yang telah dilapisi kertas minyak. Setelah siap menggambar maka adonan kue bolu gulung akan dituangkan pada loyang tadi dan dipanggang selama kurang lebih 25menit pada suhu 70-80derajat celcius.

5. Kerupuk jangek

padang3
Jangek adalah kerupuk kulit khas padang yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Untuk menghilangkan bulu di kulit maka kerupuk ini di rebus setelah itu dibakar. Selanjutnya kulit dijemur selama kurang lebih 2 hari kemudian digoreng hingga matang.

Itulah beberapa oleh-oleh khas padang yang bisa melengkapi perjalanan anda di kota Padang untuk orang-orang tersayang.

Related posts

Leave a Comment