Macam-Macam Pempek Palembang

pempek palembang sumatera selatan

Jenis-Jenis kuliner Pempek Palembang

kuliner pempek palembang

Pempek ini merupakan makanan lezat yang sangat identik dengan Kota Palembang. Makanan khas Palembang ini akan mudah untuk anda temukan di Palembang. Makanan ini adalah olahan tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri. Gurihnya ikan tenggiri akan membuat pempek semakin terasa lezat.

Pempek palembang ini biasanya akan dilengkapi dengan cuko atau kuah pempek. Kuah cuko ini bisa menyesuaikan dengan selera anda, anda bisa memilih kuah cuko tidak pedas dan bisa juga memilih cuko yang pedas. Pempek tersebut biasanya juga disajikan bersama dengan mentimun, mentimun itu akan membuat kuah cuko semakin segar.

Ada berbagai macam pempek yang bisa anda coba. Pempek tersebut dibedakan berdasarkan dengan bahan isian dan bahan pembuatannya. Pempek yang biasanya dengan mudah anda temukan di Palembang adalah berikut ini :

Pempek lenjer. Bentuk pempek ini memanjang, pempek ini tidak ada bahan isiannya. Biasanya ketika disajikan pempek ini akan dibelah menjadi beberapa bagian.

Pempek kapal selam. Pempek lainnya yang bisa anda mudah temukan adalah pempek kapal selam. Masyarakat palembang menyukai pempek satu ini, hal itu dikarenakan karena bentuknya yang lumayan besar pempek ini juga diisi dengan telur. Rasa gurih dari pempek dan telur tersebut mampu menggoyang lidah orang yang menyantapnya.

pempek palembang sumatera selatan

Pempek model. Jenis empek empek yang bisa dengan mudah anda temukan ketika berada di Palembang adalah pempek model. Yang dimaksud model disini bukanlah model yang ada saat peragaan busana, namun model disini adalah jenis empek empek dengan bentuk bulat seperti bakso. Biasanya pempek ini akan digoreng sampai benar benar garing namun lembut di dalam.

Pempek adaan. Makanan khas palembang satu ini memiliki bentu yang dipipihkan. Saat digoreng pempek ini akan dibelah dan digaris garis seperti menggoreng tempe.

Pempek telur. Pempek satu ini adalah pempek yang sama dengan pempek kapal selam, yang berbeda dengan pempek kapal selam adalah bentuk pempek telur ini bisa bulat seperti model namun isinya diberi telur. Sedangkan untuk kapal selam bentknya sangat unik seperti pastel.

Pempek kulit. Untuk anda yang ingin mencoba berwisata kuliner unik di Palembang anda bisa mencoba pempek kulit. Sesuai dengan namanya, pempek satu ini dibuat dengan bahan dasar kulit ikan.

Tidak hanya kulit ikan saja yang digunakan, ketika memakan pempek ini kadang ada duri ikan yang ikut dalam adonan. Sehingga anda harus berhati hati dalam mengkonsumsi pempek satu ini. Ikan tidak hanya dimanfaatkan dari dagingnya dan kepaalanya saja. Namun kini semua bagian ikan bisa dimanfaatkan seperti kulit dan juga durinya.

Untuk menikmati pempek palembang ini sangat mudah di temukan dan bisa di jadi kan oleh-oleh untuk sanak keluarga.

Related posts

Leave a Comment