Daftar Kuliner Sumedang

Tahu Sumedang

Daftar Kuliner Sumedang yang Wajib di Coba dan Murah

Kuliner khas Sumedang banyak ragam dan macamnya. Menjadi salah satu kabupaten yang dekat dengan Kota Bandung, tak jarang Sumedang dijadikan tempat “pelarian” warga Bandung yang bosan dengan kemacetan.

Ini akan kami beri tau kuliner khas Sumedang yang wajib kalian cicipi saat liburan bersama keluarga ke Sumedang.

1.Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang sudah terkenal dimana-mana. Bahkan Tahu Sumedang selalu dijajakan di bus kota antar kota dan antar provinsi. Selain enak, murah dan tahan lama. Tahu Sumedang akan lebih nikmat jika dimakan dalam kondisi panas-panas.

Gigit dulu cabai rawitnya, kemudian lahap satu potong tahu Sumedangnya. Wah, mantap habis! di bayangkan aja sudah bikin laper dan pengen makan tahu sumedang ya.

Jika kalian ke Sumedang, mampir saja di kios-kios tahu Sumedang. Makan di tempat langsung. Terkadang Tahu Sumedang juga disajikan dengan lontong isi.
Tahu Sumedang kerap juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Biasanya Tahu Sumedang dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

2.Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Kuliner lezat ini kini dijadikan sebagai asupan sarapan sehat. Mengenyangkan tapi gak bikin gemuk badan. Rasanya yang legit bikin kamu berenergi di pagi hari. paling enak di cicipi selagi panas-panas nya.

Ubi Cilembu juga kerap disandingkan dengan minuman khas Jawa Barat seperti Bandrek Bandung atau Bajigur Bandung.

Ubi Cilembu bisa kalian beli dalam kondisi matang ataupun masih mentah. Sebaiknya sih beli yang sudah matang.

Karena proses pemanggangannya butuh waktu lama. Selain hemat gas, kalian juga hanya tinggal makan saja. Ubi Cilembu juga tahan lama kok. Cocok jika dijadikan sebagai buah tangan. Tapi tetap lebih enak waktu panas, tapi waktu dingin juga masih enak kok.

Saat ke Sumedang, berhentilah di daerah Pasar Tanjung Sari. Banyak penjual Ubi Cilembu di sepanjang jalan.

3.Salak Bangkok Asli Sumedang

Salak Bangkok Asli Sumedang

Salak Bangkok ini bukan berasal dari Thailand ya. Ini beneran asli dari Desa Bangkok Kecamatan Congeang.

Seperti Salak Pondoh, warga Desa Bangkok hampir setiap kepala keluarga menanam buah yang rasanya manis kesat ini.

Hati-hati ya saat mengupasnya. Karena kulit buah salak memang tajam dan runcing. Makanya tak heran jika disebut dengan “snake fruit”. Rasanya mengigit dan bikin ketagihan!

Salak yang berwarna cokelat tua kehitaman dan mengkilat itu tanda salak yang bagus. Hindari salak yang berwarna kusam.

Salak yang bagus biasanya mengeluarkan bau yang harum juga berbentuk agak lonjong.

jadi jangan ketinggalan mencicipi dan jadi kan oleh-olek salak Bangkok ini kalau ke Sumedang.

4.Sambal Oncom

Sambal Oncom

Kuliner dari Jawa Barat terkesan sederhana tapi rasanya luar biasa. Salah satunya adalah sambal oncom. Sambal oncom ini udah enak banget jika disajikan dengan nasi atau nasi ketan dan sedikit pedas rasa nya sambal oncom ini.

Apalagi jika ketannya dipanggang. Wuih rasanya udah pasti surgawi banget deh. Tidak bisa di bayangkan rasa nya, jadi ingin makan ketan panggang pakai sambal oncom, sedapnyaaaa!!!

Related posts

Leave a Comment