Daftar Kuliner Semarang

Bakmi Jawa Pak Gareng

Kuliner Semarang yang Bakalan Menggoyang Lidah Penikmatnya

 

Berlibur ke ibukota provinsi Jawa Tengah selalu menawarkan pengalaman yang mengesankan. Selain dapat menikmati aneka tempat wisata, bisa juga jelajah kuliner Semarang juga pasti menjadi rencana wajib yang harus para wisatawan lakukan.

Secara umum, pilihan kuliner Semarang didominasi oleh berbagai masakan khas Jawa. Bagi Anda yang ingin merasakan sajian kuliner tradisional dalam balutan gemerlap kota, berikut ini adalah ulasan rekomendasi tempat wisata kuliner Semarang yang wajib para wisatawan coba dan telusuri.

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng melayani konsumen setia mereka setiap hari, tepatnya setelah matahari terbenam pasti sudah ramai di kelumuni para konsumen setia nya.

Hidangan andalan tempat kuliner Semarang ini adalah sajian mi dengan cita rasa khas Jawa. Variasi mi tersebut terdiri dari bakmi kuah dan bakmi goreng yang memiliki ciri khas yang beda.

Selain bakmi andalannya, tempat kuliner Semarang ini juga menawarkan menu nasi ruwet. Berbentuk olahan nasi goreng yang dicampur mi serta sate ayam atau sate kambing, menu alternatif ini juga tidak kalah lezatnya.

Bakmi Jawa Pak Gareng berlokasi di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Gabahan, Semarang Tengah.

2. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima

Belut merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daging paling gurih. Ikan yang kaya gizi ini relatif mudah diolah dan harga nya relatif murah kok.

Anda bisa menikmatinya kuliner ini dengan cara digoreng kering, bisa juga diolah menggunakan kuah santan kental atau sering disebut mangut.

Penyedia mangut paling terkenal di Semarang tentu saja Warung Bu Nasima. Untuk membuktikan kelezatannya, Anda bisa bergegas menuju ke Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur.

Cicipi juga aneka hidangan lain, seperti misalnya ikan belanak goreng, ayam goreng, nila bumbu rujak, garang asem, lele goreng, keong bumbu pedas, bandeng goreng, mujair goreng, belanak goreng, kering tempe, serta oseng-oseng dan pepes.

Tempat wisata kuliner di Semarang ini siap melayani Anda dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

3. Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu Gimbal Pak Edy 1

 

Tahu Gimbal Pak Edy berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan. Penanda paling mudahnya adalah Taman Keluarga Berencana (KB).

Bisa dikatakan kawasan taman ini memang pusatnya penjualan tahu gimbal di Semarang. Anda bisa menikmati kenikmatannya dari sore sampai malam hari.

Tahu gimbal sendiri berisi campuran irisan lontong, sayur kol, telur, tauge dan taburan bawang goreng beserta kerupuk. Tahu Gimbal Pak Edy disajikan dengan bumbu kacang yang agak encer dan banyak, sehingga kenikmatannya terasa merata.
Jika suka pedas, di tempat kuliner Semarang ini Anda juga bisa memesan tingkat kepedasan sesuai selera. Jadi bagi pencinta kuliner pedas bisa mencoba dan minta super pedas lo, tanpa kena tambahan bayaran lo.

4. Lumpia Gang Lombok

 

Lumpia Gang LombokSemarang sangat identik dengan lumpia. Ketika singgah di Semarang, sudah pasti Anda akan berburu kuliner khas Semarang ini. Kalau ke Semarang tidak menikmati kuliner satu ini rasa nya tidak afdol lo.

Sebelum Anda membungkusnya untuk buah tangan keluarga dan teman-teman, nikmati dahulu cita rasanya di Lumpia Siem Swie Kiem yang memiliki rasa ciri khas yang berbeda.

Nama bekennya adalah Lumpia Gang Lombok, sesuai lokasinya yang berada di Gang Lombok No. 11, Kauman, Semarang Tengah.

Tempat wisata kuliner Semarang ini sangat dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Porsinya juga cukup besar dan bisa dimakan bersama 2 orang sekaligus sehingga bisa lebih hemat. Apalagi waktu akhir bulan kan.

Meskipun buka sejak jam 8 pagi sampai jam 5 sore, Lumpia Gang Lombok bisa tutup lebih cepat kalau pelanggannya datang berlimpah. Jangan heran juga jika lumpia pesanan Anda harus antre hingga 1 jam lo, itu sudah biasa.

5. Warung Makan Asem-asem Koh Liem

Warung Makan Asem-asem Koh Liem

Asem-asem adalah kuliner yang berbahan daging sapi yang dipotong dadu dengan kuah berwarna bening kecokelatan yang rasa kuah nya gurih-gurih asam.

Menggunakan belimbing wuluh sebagai bumbu utama, asem-asem diolah dengan cabai sehingga menghasilkan rasa asam dan pedas yang sangat menyegarkan.

Tempat kuliner Semarang terbaik untuk mencicipi rasa segarnya asem-asem, tentu saja di Warung Makan Koh Liem.

Berlokasi di Jalan Karanganyar No. 28/C4, Gabahan, Semarang Tengah, Warung Makan Asem-Asem Koh Liem siap melayani Anda setiap hari, mulai pukul 9.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB.

Related posts

Leave a Comment