Daftar Kuliner Makassar

kuliner es pisang ijo makassar

Kuliner makanan khas makasar

 

Daftar Kuliner Makassar – masakan khas makasar merupakan salah satu kuliner indonesia, yang banyak di gemari oleh wisatawan, karena keanekaragaman jenis kuliner yang dapat di nikmati.

Meskipun kuliner khas makasar namuak ditemui di tetap saja, paling mantap di nikmati langsung dikotanya,.

karena itu, jika anda memiliki kesempatan, berikuti ini makanan yang wajib anda cicipi saat mengunjungi kota makassar.

Coto Makassar

Kuliner Coto Makasar

Salah satu Ikon Kuliner makassar yang juga sudah tidak asing lagi bagi semua wisatawan yang datang ke makasar.

kuliner coto makassar ini, merupakan salah satu kuliner wajib, yang harus anda cicipi. coto makassar berupakan sup yang berbahan dagi sapi yang diracik dengan rempah rempah, dan biasanya disantap dengan nasi ataupun ketupat.

Mie Titi

Kuliner Mie Titi Makasar

Mie Titi merupakan mie keras makasar yang bertekstur padat dan garing, yang disiram dengan menggunakan kuah kental, sehingga anda akan merasakan sensasi berbeda dari mie pada umumnya saat di makan.

kuah kental mie titi, berbahan dasar kaldu ayam, tepung kanji dan telur yang dibumbui dengan beragam rempah dan ditambahkan irisan daging ayam, jamu, udan, cumi dan irisan jeruk nipis.

Sop Konro

Kuliner Sop Konro Makasar

Sop konro makasar, dibuat dengan kluwak, lengkuas, ketumbar dan kapulaga sehingga tampilan kuahnya cenderung hitam serta terlihat menyerupai rawon.

selain itu, dagin iga sapi sop konro yang empuk dengan balutan lemak. memiliki citarasa yang sangat nikmat, dan menjadi alasan kuliner sup makasar ini, disebut dengan konro yang berarti iga.

biasanya sop konro dimakan dengan ketupat, namun seiring berjalannya waktu, sop konro juga telah memiliki banyak variasi penyajian, yakni konro bakar iga sapi, yang dibakar dengan bumbu rempah

Pallubasa

Kuliner Pallubasa Makassar

kuliner pallubasa makasar,, disajikan dengan kuah kental yang dihasilkan dari kelapa parut sangrai sehingga rasanya sangat gurih

berbeda dengan coto maupun sop konro, yang menggunakan ketupat sebagai pelengkap, palubasa waji dimakan dengan menggunakan nasi putih.

biasaya palubassa dimakan saat sedang panas, dan dituang kedalam mangkuk kecil sebagai pelengkap sajian biasanya juga diberikan telur ayam kampung mentah.

meski demikian, rasa gurih yang terdapat pada palubasa dihasilkan dari kuah kental yang tidak memiliki rasa amis karena adanya perpaduan kelapa parut sangrai.

Es Pisang Ijo

kuliner es pisang ijo makassar

Kuliner Es pisang ijo, atau jajanan es pisang ijo memilki bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, sirup merah, saus santan dan susu kental manis yang ditambahkan dengan es serut.

adonan pisan hijau dihasilkan dari daun pandan yang di peras dan dibentuk menyerupai pisang utuh yang masih memiliki kulitnya.

karena menggunakan pewarna alami, menjadikan sajian es pisang ijo, sangat nikmat dan memiliki warna yang cantik.

Cemilan es pisang ijo makasar biasanga menggunakan pisang raja, dan disajikan dengan es serut menggunakan sirup warna merah

Related posts

Leave a Comment