Daftar Kuliner Magetan

Getuk Lindri

Kuliner Magetan yang Enak dan Populer

Magetan, sebuah kabupaten yang terletak di sisi barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Magetan bertetangga dengan wilayah kota dan kabupaten Madiun, Ponorogo, dan Ngawi.

Meskipun namanya tidak sepopuler Madiun, tapi Magetan kaya akan tempat wisata dan kuliner yang sulit untuk dilupakan. Kira-kira apa saja yaa kuliner yang ada di Magetan dan beberapa yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

1. Ayam Panggang Gandu

Ayam Panggang Gandu

Ayam panggang Bu Setu Gandu, sebutan ini cukup populer oleh masyarakat Magetan. Sebenarnya di Gandu tidak hanya Bu setu saja yang menjual ayam panggang.

Banyak juga penjual-penjual lain yang sama seperti di tempat bu Setu, yaitu menyediakan tempat untuk lesehan di dalam rumahnya.

Ayam yang digunakan Bu Setu adalah ayam kampung yang dipanggang dengan cara tradisional, yaitu diletakkan di atas tungku tanah liat berbahan bakar kayu selama beberapa jam sambil dibolak-balik dan diolesi bumbu.

Dua varian bumbu yang menjadi primadona di sana adalah bumbu pedas dan bumbu gurih ditambah dengan sambal terasi, sambal bawang, aneka macam lalapan segar, trancam, bothok, dan nasi putih hangat. Sekali mencicipinya dijamin ingin nambah lagi dan lagi.

2.Tepo Tahu

Tepo Tahu

Tepo sebenarnya hampir mirip dengan lontong, berasal dari beras yang dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Bedanya dengan lontong adalah lontong berbentuk bulat memanjang, sedangkan tepo seperti piramida.

Tidak ketinggalan, setiap tepo di Magetan selalu ada irisan tahu dan irisan tempenya, oleh karena itu sering kali disebut sebagai tepo tahu. Tepo ada yang dibumbui dengan sayur sambal (jangan sambel dengan santan) ada juga yang dibumbui dengan sambel pecel.

Satu porsi tepo tahu berisi potongan tepo, tahu dan tempe goreng yang diiris kecil-kecil, telur goreng atau rebus, kemudian disiram dengan kuah sayur lodeh, kecap manis, dan taburan kacang tanah goreng.

Makanan ini mudah ditemui di beberapa sudut kota Magetan, biasanya di pasar-pasar tradisional dan warung-warung kecil di pinggir jalan.

3.Getuk Lindri

Getuk Lindri

Di Magetan juga punya jajanan khas yang sangat enak, yaitu getuk. Salah satu produsen getuk yang sangat terkenal di Magetan adalah Getuk Diana.

Seringnya, getuk dijadikan makanan untuk acara-acara hajatan seperti pernikahan, ulang tahun, seminar dan lainnya.

Namun banyak juga, pembeli yang datang langsung di rumah makan produksi getuk Diana karena disana ada tempat untuk melayani pembeli seperti halnya rumah makan. Alamat rumah makan Getuk Diana ada di jl. timor, Magetan.

4.Roti Bolu

Roti Bolu

Roti bolu adalah roti dengan betuk bundar sedikit lonjong, teksturnya empuk dan sangat enak jika dinikmati bersama dengan teh atau kopi.

Roti bolu ini merupakan jajanan khas Magetan, kamu akan banyak menemukannya di tempat-tempat oleh-oleh di Magetan dan juga banyak dijual di warung-warung di kabupaten Magetan.

Saat kamu berkunjung ke Magetan, jangan lewatkan untuk membawa roti bolu ini sebagai oleh-oleh, atau kamu penduduk asli Magetan sepertiku, saat melancong ke luar Magetan, roti bolu sangat pas buat dijadikan bekal.

Selain enak, roti bolu juga mengenyangkan.Jadi jangan lupa jadi kan kuliner satu ini oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung ya.

5.Sate Jamur Tiram Bu Darmi

Sate Jamur Tiram Bu Darmi

Selain sate kelinci, sate jamur tiram juga menjadi primadona bagi pecinta kuliner sate di Magetan yang memiliki cita rasa khas.

Satu porsi sate jamur dibanderol sebesar Rp10.000,00 plus lontong. Lokasi warung sate jamur Bu Darmi ini ada di Jalan Tembus Sarangan Cemorosewu, Magetan.

Related posts

Leave a Comment