Daftar Kuliner Magelang

Kupat Tahu Magelang

Kuliner Magelang yang Legendaris dan Murah

Kota Magelang ternyata juga mempunyai Kuliner yang legendaris dan enak-enak lo.
Tak disangka, jumlah rumah makan di Magelang luar biasa banyak. Pemerintah kota pun sangat mendukung wisata kuliner di Magelang dengan membentuk beberapa sentra kuliner seperti Kuliner Sigaluh, Kuliner Tuin van Java, dan pusat kuliner lainnya.

Saya sendiri sangat kaget pada awalnya, bagaimana bisa kota yang terbilang tidak terlalu besar ini mempunyai nuansa kuliner yang begitu meriah, bahkan bisa jadi lebih meriah dibanding kota-kota besar yang lebih populer.

Dan ada satu lagi yang bikin nilai plus untuk kuliner Magelang ini, murahnya itu lo. Kita bahas satu persatu wisata kuliner yang recommended di Magelang.

1. Wedang Kacang

Wedang Kacang

Wedang Kacang ini adalah minuman khas Magelang/Jawa Tengah. Semangkuk Wedang Kacang biasanya terdiri dari kuah jahe, kacang, dan ketan. Salah satu racikan Wedang Kacang yang bikin saya ketagihan adalah Wedang Kacang Kebon.

Mengapa? Air jahenya tak sebegitu kuat seperti Wedang Ronde, kacang tanahnya sangat empuk yang bikin kamu tak percaya bahwa itu adalah kacang tanah, dan entah ramuan apalagi yang dicampur di dalam minuman ini sehingga tampak agak kental.

Warung Wedang Kacang Kebon sendiri mempunyai ukuran yang sangat mungil di Jalan Pajang. Ukuran warung ini memang tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang selalu membludak. Wedang ronde di sini juga nikmat lho, kata temen saya bola-bola rondenya meledak di dalam mulut ketika digigit. enaknyaaaa.

2. Kuah Ikan Beong
Kuah Ikan Beong

Ikan Beong adalah ikan sejenis lele/patin/gabus/baung. Konon, ikan ini susah dikembangbiakkan sehingga pasokannya selama ini hanya mengandalkan dari hasil tangkapan alam.

Di warung RM Beong, ikan ini dimasak dengan kuah gurih dan pedas! Baru menyeruput kuahnya sesendok saja langsung minum setengah gelas. Berasa ada matahari di dalam mulut saya. Jadi bagi pecinta pedas wajib coba kuliner satu ini ya.

Oh ya, lokasi RM Beong ini berada beberapa ratus meter saja dari Hotel Bukit Rhema di Jl. Raya Borobudur.

3. Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang. Warung yang terkenal menjual Kupat Tahu Magelang adalah Warung Pojok, Warung Pak Slamet, dan Warung Pak Pangat. Bisa ditebak dong apa saja bahan dasar Kupat Tahu Magelang? pasti tau dong.

Kupat Tahu Magelang tentu saja terbuat dari irisan tahu dan ketupat. Kemudian, irisan tersebut dituang kuah khas yang terbuat dari kecap bercampur rempah-rempah, telur, seledri, tauge plus kacang goreng jadi gurih jika semua tercampur jadi satu.

Kalau kamu membayangkannya saja sudah ngiler, berarti kebenaran ada di pihak kamu. jadi jangan lupa mencoba kuliner ini kalau jalan-jalan ke Magelang ya.

4. Mie Godhog

Mie Godhog

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, arti Godhog adalah rebus. Namun demikian, bukan berarti rasanya mirip Indomie rebus. Mie Godhog yang ini rasanya beda. Persamaannya, dua-duanya sama-sama nagih!

Mie Godhog ini hanya ada suwiran ayam nya saja,makanan yang simpel tapi bikin goyang lidah para penikmat nya kok.

5. Sop Snerek

Sop Snerek

Saya mempunyai seorang teman yang berasal dari Magelang. Dia selalu berjuang keras mengenalkan sop snerek kepada saya dan teman-teman saya. Dengan sangat bangga dia selalu memamerkan makanan andalannya tersebut.

Kami selalu mengolok-olok dia karena kegigihannya tersebut. Makanan yang terbuat dari kacang merah ini rasanya menggiurkan. Namun, kami selalu mencibir sop snerek ini ketika teman saya sudah semangat berpromosi makanan khas Magelang tersebut.

Ini masalah harga diri bung! Hahahaha… Tapi percayalah, makanan ini memang rasanya enak kok. Dan bakalan bikin penikmat nya kangen akan kuliner satu ini kok.

Warung yang terkenal snerek lumayan banyak di Magelang, namun yang sering di rekomendasikan adalah Warung Bu Atmo. Warungnya berukuran mungil di sekitar perempatan Jalan Mangkubumi dan Jalan Diponegoro.

Tak menyangka memang warung kecil ini menyediakan makanan yang superlezat! Dan bisa menggoyang lidah para penikmat nya.

Related posts

Leave a Comment