Daftar Kuliner Kudus

Nasi Pindang Kerbau

Daftar Kuliner Kudus yang Enak dan Murah meriah

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kudus yang mendapat julukan Kota Kretek juga mempunyai banyak sekali sajian makanan khas yang tersebar luas di sepanjang kota, mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat yang enak dan murah.

Jika anda berkesempatan mengunjungi Kota Kretek ini, jangan lupa untuk mencicipi beberapa jenis makanan khas Kudus yang unik dan jarang dijumpai di daerah lainnya.

Tidak usah banyak berpikir bagaimana cara membuat makanan khas Kudus tersebut, karena yang perlu anda lakukan hanyalah langsung mencomot dan mencicipinya.

Nah, berikut ini daftarkulinerindonesia.com sajikan beberapa makanan khas Kudus yang wajib untuk dicoba.

1.Soto Kudus

Soto Kudus

Makanan khas Kudus Jawa Tengah ini tersaji dalam mangkok kecil yang terdiri dari nasi putih, tauge, irisan seledri, daging ayam, disertai dengan kuah bening dan tidak lupa taburan bawang goreng yang buat makanan ini makin tambah gurih.

Soto kudus memiliki cita rasa yang khas dan dirasakan lebih ringan bumbunya dibandingkan dengan varian soto khas Jawa Timuran, selain itu soto kudus juga lebih segar ketika disantap karena tidak menggunakan santan.

2.Lentog Tanjung

Lentog Tanjung

Makanan khas Kudus lentog merupakan campuran dari lontong dengan sayur lodeh. Sebagai pelengkap biasanya ditambah dengan sate telur puyuh khas Kudus berbumbu khas.

Lentog banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima yang mudah anda temui di seantero Kudus. Satu porsi lentog dijual dengan harga 2.500 rupiah saja, agar lebih enak jangan lupa tambahkan telur puyuh dan juga bakwan yang diharga 1.500 rupiah saja, yang tidak akan buat kantong robek kok.

Lentog tanjung sangat pas dijadikan menu sarapan karena harganya murah namun tetap mengenyangkan dan bakalan meggoyang lidah.

3.Nasi Pindang Kerbau

Nasi Pindang Kerbau

Makanan khas nasi pindang kerbau ini berasal dari lereng Gunung Muria tepatnya dari daerah Desa Colo. Nasi pindang berisikan nasi dengan irisan daging dan daun melinjo yang disiram dengan kuah santan yang gurih.

Sama seperti soto khas Kudus, daging yang dipakai adalah daging kerbau. Nasi pindang sekilas mirip dengan nasi rawon hanya saja kuahnya dicampur dengan keluak dan daun melinjo sehingga menjadikan makanan ini sajian kuliner yang istimewa dan khas banget.

4.Garang Asem

GARANG ASEM AYAM

Makanan khas Kudus yang satu ini dapat anda dapatkan di Rumah Makan Sari Rasa. Garang asem adalah sejenis lauk yang dimasak dengan dibungkus daun pisang untuk kemudian dikukus atau digarang.

Jenis lauk yang diolah pun bisa bermacam macam, diantaranya ayam, jeroan, ikan, jamur ataupun tahu.

Sama dengan namanya, cita rasa masakan ini dominan asam karena diberi irisan tomat hijau yang bikin kuliner tambah khas dan seger banget.

5.Keciput

Keciput

Makanan ringan khas Kudus ini memiliki tampilan yang mirip dengan onde onde, namun tesktur dan bentuknya lebih mungil serta rasanya lebih renyah dan gurih.

Keciput biasanya hanya disajikan saat hari lebaran tiba, maka dari itu jika perayaan lebaran sudah selesai, anda akan kesusahan menemukan makanan ringan ini.

Related posts

Leave a Comment