Daftar Kuliner Karawang

Surabi Hijau

Kuliner Karawang Yang Harus di Coba dan Legendaris

Karawang, salah satu daerah yang menjadi tempat para pekerja industri berdatangan dari seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan beberapa daerah di luar Pulau Jawa.

Kondisi kota Jakarta yang kian padat sekaligus Karawang yang merupakan kota industri membuat daerah ini banyak diserbu para pekerja. Karawang merupakan wilayah yang mulai berkembang karena lokasinya berdekatan dengan Jakarta.
Pabrik pabrik industri juga banyak didirikan di Karawang. Selain di kenal sebagai kota industri, anda juga bisa menjumpai banyak sekali tempat wisata Karawang yang menyenangkan dan membuat anda lebih fresh, mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner yang legendaris.

1.Surabi Hijau

Surabi Hijau

Makanan khas Karawang Jawa Barat ini sudah menjadi makanan populer di Indonesia, tersaji dalam berbagai varian rasa dan beberapa olahan yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia yang mudah di temukan.

Serabi khas Karawang ini mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dari surabi daerah lainnya karena surabi ini berwarna hijau. Surabi hijau Karawang dimakan denagn cara dicocol memakai santan atau gula pemanis yang khas.

Makanan ini berbahan dasar daun suji dan banyak dijual di daerah Rengasdengklok. Jadi jangan lupa cicipi kuliner satu ini ya.

2.Pepes Walahar

Pepes Walahar

Pepes walahar merupakan makanan yang kondang di Karang. Jika anda ingin mencoba pepes walahar ini, maka datanglah ke daerah pintu tol Karawang timur menuju ke kawasan industri Texmaco karena disitulah dapat anda temukan penjual pepes walahar yang legendaris ini.

Penjual pepes walahar berjualan di dekat bendungan Walahar, itulah asal usul nama pepes walahar. Lokasi kedai pepes berada tepat di seberang bendungan, jika anda ingin mengunjunginya anda harus menyeberang jembatan kecil.

3.Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan gabus bumbu pucung juga terkenal akan kelezatannya. Menu ini sebenarnya mirip dengan makanan khas Betawi yang bernama gabus pucung berbahan dasar ikan gabus yang dimasak menggunakan pucung atau keluwak.

Satu porsi sayur gabus dijual dengan harga antara 6 sampai 12 ribu tergantung campuran apa saja yang ikut menjadi bahan ketika makanan ini dimasak. Ini yang jadi khas kuliner satu ini.

4.Opak Ketan Rawagede

Opak Ketan Rawagede

Mungkin opak ketan banyak ditemui di berbagai daerah lain di Indonesia, namun opak ketan dari Rawagede, Karawang ini mempunyai rasa yang unik dan berbeda dari opak yang lainnya.

Rasa khasnya membuat opak ketan ini punya ciri khas tersendiri. Bentuk opak ketan Rawagede sangat kecil, beda dengan opak dari daerah lain yang biasanya besar-besar.

Opak ini habis dalam dua kali gigit saja. Cocok dijadikan cemilan yang dimakan ketika anda berkeliling Karawang. Rasa opak ketan Rawagede ini gurih dan teksturnya renyah.

Tentunya anda akan ketagihan apabila sudah memakan opak ketan ini. Opak ketan Rawagede ada juga yang disajikan dengan cara dibakar.

Nah, tergantung selera anda nih mau pilih opak yang original atau opak bakar. Jika Ke Karawang tidak menikmati kuliner satu ini kayaknya rugi banget.

5.Soto Gempol

Soto Gempol

Soto yang dikenal hampir sebagian besar warga Karawang ini sudah ada sejak tahun 1980an, pertama kali dibuat dan dipopulerkan oleh Haji Abdul Syukur dan Hajjah Fatimah.

Warung makan milik pasangan suami istri tersebut menyediakan menu andalan bernama soto gempol. Soto gempol tersedia dalam empat pilihan sajian, yaitu soto daging, soto usus, soto babat, dan soto ayam yang menjadi favorit kebanyakan pecinta soto satu ini.

Jika anda penasaran dengan semua rasa dari 4 varian soto tersebut, anda bisa memesan menu soto campur yang berisi empat macam varian soto tersebut dalam satu porsi jadi bisa mencicipi langsung semua nya dalam satu mangkok.

Related posts

Leave a Comment