Daftar Kuliner Kalimantan

Soto Banjar

Kuliner Kalimantan yang Wajib di Coba

Kalimantan punya beragam jenis kuliner yang rasanya khas dan nggak mengecewakan. Makanan khas Kalimantan ini juga bisa ditemukan di seluruh wilayah Kalimantan.

Setiap daerahnya punya makanan khas yang enak dan wajib kamu coba. Beberapa masakan khas kalimantan ini menjadi makanan wajib yang harus kamu coba karena rasanya enak dan susah ditemukan di daerah lain, jadi kalau ke Kalimantan harus mencoba kuliner Kalimantan lo.

1.Ketupat Kandangan

Daftar Kuliner Kalimantan

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan.

Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu dan rasa nya jadi gurih-gurih.

2.Chai Kue

Chai Kue

Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terpengaruh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak dan ebi ini punya rasa unik.

Apalagi kalau dimakan bersama sambalnya yang pedas plus asam. Rasanya kamu nggak akan pernah berhenti ngunyah dan bakalan rindu sama kuliner chai kue ini.

3.Hekeng

Hekeng

Hekeng masakan khas Tiongkong-Pontianak ini juga wajib kamu coba. Biasnaya hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging mulai dari babi sampai udang.

Rasanya mirip dengan siomay, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap bersama kuah asam manis.

4.Soto Banjar

Soto Banjar

Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa kamu makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khusunya kayu manis makanya ada rasa khas nya.

Biasanya soto nggak dimasak dengan kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa kamu makan. Jadi harus di coba kalau ke Kalimantan ya.

5.Kerupuk Basah

Kerupuk Basah

Kerupuk basah ini akan mengingatkanmu pada pempek di Palembang. Sama-sama berbahan dasar ikan, kerupuk basah ini biasanya dimasak hanya dengan cara dikukus atau di rebus.

Mungkin ini mirip dengan pempek yang belum digoreng rasanya pun mirip loh. jadi kerupuk basah ini bisa di jadi kan oleh-oleh dan bisa di coba dengan menggoreng nya.

Related posts

Leave a Comment