Daftar Kuliner Jember

Prol Tape

Kuliner Jember yang Populer Dan Menggugah Selera

Jember adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Selain mempunyai banyak tempat wisata Jember yang menarik, kota di Jawa Timur ini juga mempunyai ragam makanan khas yang banyak diburu oleh para pecinta kuliner.

Mau tahu makanan khas Jember apa saja yang menjadi rekomendasi dari daftarkulinerindonesia? berikut tempat wisata yang wajib di coba di Jember.

1.Pecel Gudeg

Pecel Gudeg

Makanan khas Jember Jawa Timur ini cukup unik karena merupakan kolaborasi antara nasi pecel dengan gudeg, cecek, potongan daging, rempeyek, kacang panjang, dan sambal pecel yang mempunyai ciri khas.

Gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta berpadu dengan pecel yang menjadi makanan khas wilayah Jawatimuran. Satu porsi pecel gudeg disajikan bersama dengan lauk yang dapat kamu pilih sendiri sesuai dengan selera.

Soal harga, tergantung dari jenis lauk yang kamu tambahakan, semakin banyak lauknya maka harganya akan semakin mahal. Pecel gudeg ini dapat dengan mudah kamu temukan di setiap warung makan yang ada di Jember.

2.Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan

Olahan makanan berjenis Jember satu lagi adalah pecel pincuk garahan. Pecel pincuk garahan mempunyai keunikan tersendiri karena wadah atau tempat yang digunakan untuk menyajikan makanan ini menggunakan daun pisang.

Rasa masakan pecel pincuk dominan pedas yang berasal dari kuah sambal kacang yang disiram di atas bahannya, berbeda dengan pecel pada umumnya yang relatif mempunyai rasa gurih. Pecel pincuk garahan ini juga sedikit asam jika dirasakan dan segar.

Bumbu sambal kacang dalam pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya, bahkan kacang yang dipakai dalam bumbu kacang masih sangat terasa dan masih ada ciri khas Jember.

Tambahan lain yang disajikan dalam satu porsi pecel pincuk garahan diantaranya adalah tauge dan sayur gundo. Setelah mencobanya, pasti kamu akan bisa membedakan rasa dari pecel biasa dan pencel pincuk garahan lo.

3.Suwar Suwir

Suwar Suwir

Makanan khas Jember suwar suwir bisa kamu jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Jember yang diberikan ke sanak saudara atau teman teman.

Meskipun namanya tidak setenar pecel yang merupakan makanan ciri khas Jember, namun suwar suwir ini tetap cocok kamu jadikan buah tangan. Suwar suwir merupakan sajian kuliner yang dibuat dari tape yang sudah diproses dengan cara khusus dan bertekstur sedikit keras meskipun tampilannya mirip dodol.

Suwar suwir dibuat dari tape singkong yang dicampur dengan gula. Awalnya, suwar suwir hanya mempunyai satu rasa, yaitu rasa sirsak.

Namun, seiring perkembangan jaman dan meningkatnya permintaan, suwar suwir sudah diinovasikan dengan berbagai rasa, seperti kacang, susu, strawberry,srikaya dan bahkan rasa coklat. Unik kan!

4.Prol Tape

Prol Tape

Oleh oleh makanan khas Jember bernama prol tape adalah kudapan yang dibuat dari tape yang diinovasikan oleh masyarakat Jember. Saat ini, prol tape terdiri dari rasa coklat, kismis, keju, dan original.

Prol tape pas disajikan saat kamu sedang berkumpul dengan keluarga. Bahan yang digunakan dalam membuat prol tape diantaranya tepung terigu, tape singkong, susu, margarin, dan juga telur. Rasa khas prol tape adalah perpaduan antara manis, kecut, dan gurih dan segar.

5.Pia Tape

Pia Tape

Makanan ciri khas Jember selanjutnya adalah pia tape. Lagi lagi berbahan dasar tape yang menjadi ciri khas sajian kuliner Jember.

Pia tape mempunyai beragam varian rasa mulai dari rasa keju, rasa coklat, rasa pisang, rasa strawberry, sampai dengan rasa blueberry. Pia ini mempunyai tekstur sedikit keras pada bagian kulitnya namun lembut didalam.

Warnanya coklat kekuningan dengan rasa manis dari tape keluar saat digigit. Pia tape sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Jember setelah kamu puas berkeliling dan menjelajah wilayah Jember.

Selain kemasannya modern, simpel, dan mudah dibawa, pia tape ini mampu bertahan selama beberapa hari sehingga tidak mudah busuk. jadi bisa di jadikan oleh-oleh.

Related posts

Leave a Comment