Daftar Kuliner Bengkulu

Tempoyak

Daftar Kuliner Bengkulu yang Lagi Hits Banget

Hallo sahabat daftarkulinerindonesia, pada hari ini kami akan mencoba berbagi informasi mengenai makanan khas Bengkulu yang wajib sahabat coba.

Bengkulu terletak di pesisir laut, berdekatan dengan Samudera Hindia, sehingga hampir semua mayoritas makanan khasnya berbahan baku ikan laut yang merupakan menjadi potensi dan kekayaan alam wilayah pesisir Bengkulu.

Kuliner Bengkulu ada beberapa kuliner yang menjadi makanan pokok, dan ada beberapa oleh-oleh khas Bengkulu, yang bisa di jadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga.

1. Pendap Khas Bengkulu

Pendap Khas Bengkulu

Pendap merupakan lauk yang terbuat dari ikan. Cara memasak pendap cukup mudah, pertama siapkan bumbu terdiri dari bawang putih, cabe,bawang merah, kencur, dan kelapa parut muda. kemudian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan.

Setelah itu, pendap direbus kira kira 4 jam sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap. Pendap siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Gak bisa bayangkan rasanya bukan. lezattttt!

2. Tempoyak

Tempoyak

Ada juga makanan khas Bengkulu tempoyak berbahan dasar fermentasi dari buah durian ini.

Tempoyak terkenal di Bengkulu adalah tempoyak yang diolah bersama ikan patin. kamu harus mencoba tempoyak ini jika sedang berkunjung ke Bengkulu, rasa yang khas dari fermentasi buah durian nya.

3. Bagar Hiu

Bagar Hiu

Makanan khas Bengkulu yang dikenal dengan nama bagar hiu. Sebagaimana namanya, sajian kuliner yang satu ini berbahan dasar daging hiu berjenis hiu punai atau hiu tanduk yang dagingnya tidak terlalu amis dan berstektur agak kasar.

Namun katanya, bagar hiu adalah salah satu makanan favorit Presiden Sukarno selama beliau berada dalam masa pengasingan di tahun 1938 sampai dengan 1942. Jadi kalau ke Bengkulu jangan melewatkan kuliner Bagar Hiu ini ya.

4. Kue Lepek Biniti

Kue Lepek Biniti

Kue lepek beniti ini sama menariknya dengan kue tat serta sering dijadikan menu berbuka puasa di bulan Ramadan tiba dan hanya bisa di temukan di bulan Ramadan saja.

Kue lepek biniti terbuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas berserta bahan-bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Kue lepek biniti cocok dijadikan sebagai oleh-oleh makanan dari Bengkuku, hanya saja tidak bisa bertahan lama karena rasanya akan berubah jika terlalu lama disimpan.

5. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai

Makanan ini khas Kota Bengkulu ialah kue perut punai. Kata punai merupakan nama burung, namun bukan berarti kue perut punai ini berbahan dasar daging burung punai.

Kue ini dinamakan kue punai karena berbentuk seperti perut dari burung punai. Kue ini bisa sahabat jadikan oleh-oleh karena dari keunikan bentuknya dan rasanya nikmat, tidak kalah dengan kue pabrikan.

Kue perut punai mempunyai dua rasa yaitu rasa original dan rasa manis. Dan bisa di jadikan oleh-oleh kok.

Related posts

Leave a Comment