Daftar Kuliner Bantul

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Daftar Kuliner Bantul yang Legendari dan Menggoyang Lidah

Apa yang anda tahu tentang Bantul? Geplak kah? Ato Peyek Tumpuk kah? Mungkin anda sekalian pernah merasakan kuliner asyik dan maknyuss di Bantul?

Berikut kami sajikan wisata kuliner untuk anda di Bantul yang bisa anda kunjungi dan cicipi, yang dijamin enak dan murah :

1.Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

Soto Kadipiro terletak di jalan Wates. Walaupun berada didekat Kota, masih termasuk Bantul lho tepatnya di Desa Kadipiro Kecamatan Kasihan Bantul.

Soto Kadiporo yang sekarang ada terdiri dari beberapa warung soto yang semuanya turun temurun. Pendiri pertamanya adalah Karto Wijoyo pada tahun 1921, dan beliau meninggal pada tahun 1972, kemudian dikelola oleh generasi kedua, yaitu bapak Widadi Dirjo Utomo.

Warung ini berada di Utara Jalan (Warna Hijau). Soto Kadipiro mempunyai rasa ringan, tapi rasa kuahnya gurih. Isi sotonya adalah suwiran ayam kampung, tauge dan kol, ditaburi daun bawang dan bawang goreng yang bikin tambah gurih dan maknyusss.

2.Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam goreng mbah Cemplung terletak di sebelah barat Desa Wisata Kasongan tepatnya didusun Semanggi Kasongan Bantul

Menu andalannya ya tentu saja Ayam Goreng Ayam Jawa yang disajikan dengan sambel mentah yang enak dan pedas.

Dari sisi tempat mungkin kurang representatif namun pengunjungnya apabila jam-jam istirahat membludak dan jarang banyak tamu yang tidak kebagian tempat, jadi ya harus antri dan sabar jika ingin nikmati kuliner satu ini.

3.Gudeng Nggeneng

Gudeng Nggeneng

Gudeg ngGeneng terletak di Panggung Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul Mungkin yang belum pernah ke Bantul, agak sulit dicari karena rumahnya terletak di tengah perkampungan tepatnya sebelah barat ISI Jogja. Warung makan ini dimiliki oleh mBah Martodiryo atau mBah Marto Gowok .

Gudeg basah dan mangut lele merupakan menu utama di warung ini. Mangut lele menjadi unik karena cara memasaknya dan rasanya yang khas. Lele di sini diasapi dulu sebelum dimasak dengan bumbu mangut.

Lele ditusuk dengan pelepah daun kelapa (bongkok), ditumpuk dan kemudian diasapi dengan menggunakan sabut kelapa. Ini ciri khas kuliner di Bantul yang masih di jalankan.

4.Sate Klathak Jejeran

Sate Klathak Jejeran

Buat yang tidak punya penyakit darah tinggi Kuliner yang satu ini wajib di coba. Sate Klathak ini adalah sate khas nJejeran Bantul berupa sate kambing bumbu garam, sehingga rasanya agak asin, akan lebih pas jika cara mengkonsumsinya dengan nasi putih yang diberi kuah.

Lokasinya agak sedikit jauh dari Kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Imogiri Timur KM 8 nJejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul. Jadi jangan lupa kalau ke bantul mencicipi kuliner yang satu ini ya.

5.Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar

Mungkin bagi sebagian orang belut menjijikan namun ditangan Pak Sabar ini menjadi kuliner yang bakalan menggoyangkan lidah para penikmat dan bakalan wisatawan penasaran untuk mencicipinya.

Lokasi Sambel welut Pak Sabar berada di Jln Imogiri Barat km 6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Tempatnya tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Menu spesialnya adalah belut goreng beserta sambalnya, namun ada juga menu lainnya yakni kutuk goreng (ikan gabus) dan lele goreng.

Related posts

Leave a Comment