Cemilan Khas Kota Makassar

makassar kue basah1

Makassar – Ibukota Sulawesi Selatan juga punya macam-macam kue tradisional yang tak kalah menggiurkan, bagi pecinta kuliner makanan ringan seperti kue basah, maka anda harus mencoba khas Makassar ini yang bisa manjakan lidah dan patut anda coba.

1. Barongko

makassar kue basah
Kue bugis khas Makassar yang dibuat dari bahan dasar pisang yang sudah dihaluskan telur, garam, gula pasir, dan santan lalu dibungkus dengan daun pisang setelah itu dikukus sampai matang. Agar lebih enak anda bisa menyimpannya di lemari es. Biasanya kue ini menjadi sajian penutup dalam acara adat seperti sunatan, pernikahan dan syukuran.

2. Pisang Epe

makassar kue basah2
Makanan khas kota Makassar yang terbuat dari Pisang. Sajian ini menggunakan pisang yang sudah dikupas kemudian dibakar di atas bara api, dibolak balik sampai harum, kemudian pisang di tekan sampai pipih lalu dibakar kembali. Umumnya disajikan dengan cairan gula merah, kini sudah ada berbagai variasi rasa seperti coklat, durian, keju dan lainnya.

3. Jalangkote

makassar kue basah3
Jalangkote merupakan semacam penganan khas Sulawesi yang memiliki bentuk mirip pastel. Perbedaannya, kulit jalangkote lebih tipis serta isi di dalamnya umumnya berisi potongan wortel serta kentang berbentuk dadu, tauge (kecambah), serta soun, yang ditumis bersama bawang putih, bawang merah, garam serta merica.

4. Putu Cangkir

makassar kue basah4
Sekarang putu cangkir susah didapatkan karena munculnya berbagai macam jajanan kue modern, padahal bahan pembuatan putu cangkir sangatlah mudah yaitu gula merah, beras ketan, serta kelapa. Namanya putu cangkir karena bentuknya mirip bagian bawah cangkir bila posisinya ditempatkan terbalik.

5. Gogos

makassar kue basah5
Makan khas orang bugis Makassar yang disukai pada saat lebaran. Bahan utamanya adalah beras ketan dan terkadang dicampur dengan parutan daging halus dan potongan cabai, umumnya di hidangkan bersama dengan telur asin.

6. Kue Dange

makassar kue basah6
Sekilas kue ini mirip dengan kue pukis atau sagu rangi. Jajanan ini menggunakan bahan utama berupa campuran kelapa parut, gula merah, serta tepung ketan hitam. Adonannya kemudian dikukus dan dimasukkan ke dalam cetakan lalu dibakar. Teksturnya sedikit kasar serta berwarna gelap, namun rasanya gurih dan manis di lidah.

Related posts

Leave a Comment