3 Kuliner Sumatera Selatan wajib di coba

pempek palembang

Kuliner Sumatera Selatan yang harus di coba

Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang, kota dengan kuliner pempek yang sudah terkenal di seluruh Indonesia memiliki kuliner lainnya yang tidak kalah enak dengan pempek. Perairan kota Palembang yang sudah sangat maju membuat semua olahan makanan di Palembang berbau dengan hasil olahan ikan atau hasil perairan.

Meskipun ada beberapa olahan makanan lain yang bahan bakunya bukan dari ikan, namun olahan dari ikan dan hasil airnyalah yang paling mendominasi. Di Palembang ini ada beberapa makanan khas dan juga makanan yang terkenal di Palembang yang harus anda coba agar wisata kuliner di Palembang anda semakin menyenangkan.

Lalu apa saja makanan yang harus dicoba ketika melakukan wisata kuliner Palembang?, berikut ini adalah daftar kuliner khas dan terkenal Palembang yang musti anda coba

1. Pempek

pempek palembang

Tentu saja makanan khas Palembang yang musti anda coba pertama kali adalah pempek. Pempek ini merupakan makanan lezat yang sangat identik dengan Kota Palembang. Makanan khas Palembang ini akan mudah untuk anda temukan di Palembang. Makanan ini adalah olahan tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri.

Gurihnya ikan tenggiri akan membuat pempek semakin terasa lezat. Pempek palembang ini biasanya akan dilengkapi dengan cuko atau kuah pempek. Kuah cuko ini bisa menyesuaikan dengan selera anda, anda bisa memilih kuah cuko tidak pedas dan bisa juga memilih cuko yang pedas.

Pempek tersebut biasanya juga disajikan bersama dengan mentimun, mentimun itu akan membuat kuah cuko semakin segar.

Ada berbagai macam pempek yang bisa anda coba. Pempek tersebut dibedakan berdasarkan dengan bahan isian dan bahan pembuatannya. Pempek yang biasanya dengan mudah anda temukan di Palembang adalah berikut ini :

Pempek lenjer, Pempek kapal selam, Pempek model, Pempek adaan, Pempek telur, Pempek kulit.

pempek ini sangat mudah di temukan di palembang dan bisa juga di jadi kan oleh-oleh lo.

2. Tekwan

tekwan palembang

Tekwan adalah penganan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, yang dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah sohun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan”, yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman.

3. Mie Celor Palembang

mie celor palembang

Bagi anda yang pecinta olahan mie, anda harus mencoba kuliner yang satu ini. Rasanya yang unik, lezat dan gurih membuat mie ini sangat menggugah selera.

Mie celor adalah kuliner khas Palembang dimana mie tersebut disajikan bersamaan dengan kuah santan yang sangat kental dicampurkan dengan kuah kaldu dari ebi atau udang kecil yang dikeringkan, dicampurkan dengan taoge meski jumlahnya hanya sedikit dan diatasnya diberikan irisan telur rebus.

Seledri, daun bawang dan juga bawang goreng pun ditaburkan di atas mie tersebut agar citarasanya semakin mantap.

Ukuran mie yang digunakan lebih besar, seperti Mie Aceh atau mi Udon Jepang.

Related posts

Leave a Comment