3 Kuliner Ciri Khas Sumatera Barat

rendang sumatera barat

Kuliner Sumatera Barat yang menggoyang lidah

Berwisata ke Sumatera Barat memang rasanya tidak lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Seperti halnya dengan bagian lain di Pulau Sumatera, makanan khas Sumatera Barat pun memiliki rasa yang khas. Beberapa jenis makanan dari Sumatera Barat ini bahkan sudah begitu di kenal, tidak hanya di dalam negeri namun hingga ke luar negeri.

Sumatera utara salah satu provinsi terbesar di pulau Sumatera ini menyimpan banyak sekali keindahan alam, sekaligus aneka ragam makanan yang menjadi daya tarik pewisata kuliner.

Untuk kuliner sendiri, Sumatera Barat sudah sangat di kenal dengan ragam masakan minangkabau serta restoran Padang, yang saat ini sudah bisa di temukan nyaris di seluruh daerah indonesia serta beberapa negara lain nya.

Nah, bila anda saat ini tengah berkunjung ke sumatera Barat, 3 makanan khas Sumatera Barat ini yang wajib banget di coba dan bisa juga di bawa pulang sebagai oleh-oleh. yuk simak 3 kuliner khas Sumatera Barat di bawah ini :

1. Rendang

rendang sumatera barat

Rendang adalah makanan khas Minangkabau yang pernah masuk ke dalam daftar hidangan terlezat di dunia versi CNN Internasional.

Demi menciptakan cita rasa tinggi, rendang biasanya dimasak dalam waktu yang lama, dan dipanaskan berulang-ulang dengan santan.

Jika kamu sempat berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat, kamu harus datang ke restoran Simpang Raya yang berada tepat di samping lapangan jam gadang. Restoran ini merupakan kedai Simpang Raya pertama di Indonesia, sebelum membuka cabang di berbagai daerah. Di sini kamu bisa menikmati rendang kering berwarna coklat yang rasa pedasnya pas dan menggugah selera.

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.

2. Sate Padang

sate padang sumatera barat

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

Salah satu restoran yang paling terkenal adalah restoran Sate Mak Syukur yang berada di Padang Panjang. Restoran ini juga telah membuka banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia. Tapi tentu saja, kamu tidak boleh ketinggalan untuk makan di tempat asalnya.

3. Teh Talua

teh talua sumatera barat

Teh Talua atau teh telur adalah minuman khas Sumatera Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

Cara membuatnya cukup mudah. Anda tinggal mengocok telur bebek atau telur ayam kampung dicampur sedikit susu dan gula hingga berbusa. Setelah itu seduh dengan air teh yang panas. Jangan lupa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar bau amis dari telur dapat disamarkan.

Dalam sejarahnya, teh talua biasanya diminum oleh para petani untuk menambah stamina mereka. Namun saat ini teh talua dapat dijumpai di warung-warung maupun restoran yang menjual masakan khas Sumatera Barat.

Related posts

Leave a Comment